10 TIPS YANG HARUS ANDA KETAHUI SETELAH MEMPUNYAI BAYI

Bayangkan ini, anda kini duduk bersama bayi mungil didalam pelukan tangan anda, bayangan ini mungkin telah tercetak di kepala anda selama beberapa kali setelah anda masuk ke dalam proses kehamilan. Ketika kita memiliki bayi, kita harus bertanggung jawab untuk menjadi orang tua. Namun, apa yang harus kita lakukan sekarang? Bayi tentu tidak datang dengan cara manual.

Apakah anda menyukai anak-anak? Ataukah anda memiliki keraguan tentang naluri orang tua didalam jiwa anda? Namun ketika anda memiliki bayi, kehidupan anda akan berubah dengan cara yang luar biasa. Berikut ini kami akan memberikan sedikit tips bagi anda yang baru saja mempunyai malaikat kecil di kehidupan anda :

1. Menyusui sangat sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin

Menyusui tidaklah mudah dan membutuhkan waktu untuk melakukannya dengan benar. Namun, hal ini adalah awal yang baik untuk anak anda jika anda memilih untuk melakukannya, persenjatailah diri anda dengan informasi yang tepat. Sebagian besar masalah menyusui mudah untuk dipecahkan jika anda mendapat dukungan yang tepat.

Anda dapat berkonsultasi dengan teman-teman yang berhasil menyusui untuk mendapatkan gambaran nyata dan rekomendasi untuk sumber daya bermanfaat seperti konsultan laktasi.

Anda harus mendapatkan semua bantuan yang anda butuhkan saat berada di rumah sakit, terutama setelah melahirkan. Carilah konsultan laktasi yang baik sehingga mereka dapat mengajarkan anda cara menyusui yang benar. Anda perlu belajar untuk mengindentifikasi gerendel yang benar dan memperhatikan apakah anak anda telah makan dengan baik atau tidak.

2. Tidak semua bayi tidur berjam-jam

Setiap buku tentang bayi dan beberapa situs akan memberitahu anda bahwa bayi umumnya akan tidur selama 12-16 jam sehari. Hal ini membuatnya terdengar seperti mereka tidur sepanjang waktu dan anda dapat fokus terhadap pekerjaan lainnya. Tetapi tidak semua bayi tidur dalam jangka waktu lama, sesekali waktu tidur mereka dapat terganggu. Mereka dapat tidur selama 2-4 jam, bahkan di waktu malam hari.

3. Oleh sebab itulah setelah memiliki bayi, anda akan kurang tidur

Ketika temanku telah resmi menjadi seorang ibu, ia mengaku kepadaku jikalau dirinya kurang tidur sepanjang hari. Saya penasaran dan bertanya kepada teman-teman lain yang mempunyai pengalaman lebih dan bertanya, “Kapan seorang ibu yang baru memiliki bayi dapat tidur dengan nyenyak?”. Mereka tertawa dan berkata kepadaku, “Selama anda memiliki balita, anda akan kurang tidur sepanjang hari”.

Anda akan perlahan-lahan berpikir dan menyadari bahwa tidur adalah sebuah kemewahan bagi orangtua baru. “Tidurlah saat bayi sedang tertidur” adalah saran terbaik yang pernah saya terima. Ketika bayi sedang tidur di siang hari, anda juga harus tidur dan jangan melakukan hal apapun karena bisa dipastikan saat malam hari tiba, anda akan bergadang.

4. 3 bulan pertama adalah masa-masa tersulit bagi seorang ibu

Bayi yang baru lahir akan secara bertahap menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan anda akan menghadapi semua jenis perubahan hormonal dan fisik pasca pemulihan diri dari proses melahirkan.

Menyesuaikan diri dengan stimulasi konstan, belajar untuk mengekspresikan kebutuhan mereka, kehidupan di luar adalah masalah besar untuk bayi yang baru lahir; beberapa dari mereka menyesuaikan dengan sangat mudah dan sisanya kesulitan. Anda perlu berempati dengan anak anda dan berikan apa yang mereka butuhkan.

 border=

Emosi anda akan menjadi seperti pendulum, bergoyang dari satu tempat ke tempat yang lain. Anda harus mendapatkan istirahat, makan dan minum yang cukup dan baik; ini adalah hal terpenting. Anda akan memulai kehidupan yang super sibuk sebagai seorang ibu baru, namun jangan lupa untuk mengurus diri sendiri.

Luangkanlah waktu sejenak untuk berhubungan kembali dengan diri sendiri dan meremajakan diri. Seorang ibu yang sehat akan menghasilkan bayi yang sehat jua.

5. Setiap orang akan memiliki saran untuk anda, namun sebagian besar tidak beralasan

Mulai dari keluarga, tetangga, teman dan orang lain yang anda temui akan memiliki pendapat atas cara pengasuhan anda dan mulai menawarkan saran. Dalam tahap ini, anda akan merasa seperti menjadi orangtua yang belum sempurna. Sebagai ibu baru, anda mempunyai keinginan yang sangat besar untuk mendapatkan segalanya dengan benar.

Sehingga sangat wajar jika anda khawatir dan mulai mempertanyakan tentang apa yang sudah anda lakukan. Tetapi belajarlah untuk mendengarkan naluri orangtua anda, temukan filosofi pengasuhan anda sendiri dan jangan terlalu dipengaruhi oleh saran semua orang. Jika anda cukup tebuka, anda akan belajar untuk tidak menghakimi pilihan orang tua.

6. Dapatkan semua dukungan yang bisa anda peroleh

Orang dulu pernah berkata, “Dibutuhkan satu desa untuk membesarkan seorang anak” dan ini memang benar. Dapatkan semua bantuan yang anda peroleh karena anda akan membutuhkannya. Mintalah bantuan dari keluarga dan teman-teman untuk menjaga bayi anda sejenak sehingga anda dapat mandi dan makan tanpa harus terburu-buru.

Jika anda bisa mendapatkan bantuan dengan mendatangkan pembantu rumah tangga maka ini adalah hal yang baik. Biarkan anda dan suami anda berbagi tanggung jawab. Saat bayi anda mulai tumbuh, masalah ini akan memilah sendiri. Untuk saat ini, anda hanya mengikuti arus.

7. Bayi lebih kuat dan tangguh dari yang anda ketahui

Kecelakaan kecil seperti terjatuh dan benjol pada bayi adalah hal yang umum, namun didalam kebanyakan kasus hal tersebut tidaklah menyebabkan hal yang membahayakan. Untungnya bayi memiliki tulang yang fleksibel dan hal-hal yang mungkin menyebabkan luka serius pada orang dewasa, tidak membahayakan bayi kecil.

Selain masalah kecelakaan, ada banyak hal yang orangtua baru khawatikan tentang apakah bayi saya telah mendapatkan ASI yang cukup?, apakah berat badanya sudah normal?, apakah dia memiliki jumlah gigi yang cukup?, Mengapa dia menangis?. Ini adalah daftar yang tidak pernah berakhir dan paling sering dikhawatirkan orangtua baru karena mereka takut apa yang telah dilakukan salah dan dapat membahayakan bayinya.

Terkadang sangat sulit bagi kita untuk mengukur tanda-tanda pada bayi, hal ini membutuhkan latihan dan perhatian yang cermat. Bayi adalah manusia yang cerdas dan apabila kita dapat mengurusnya dengan baik, maka mereka akan tumbuh dengan indah.

8. Jangan pernah membandingkan karena ini bukanlah perlombaan

Pencapaian dimaksudkan untuk menjadi indikator pembangunan, bukanlah sebagai tolak ukur untuk mengukur pertumbuhan dan kemajuan anak anda. Rayakan pencapaian anak anda dan biarkan mereka sampai di tahap sana sendiri. Banyak orang tua berpikir jika mereka harus mengajarkan anak mereka untuk merangkak dan berjalan. Silahkan biarkan mereka secara alami melakukan hal ini sendiri.

Ini adalah naluriah dan anak-anak akan mencapai tahap ini dalam waktu mereka sendiri. Tidak perlu untuk menopang, mendudukan atau memegang tangan anak anda saat anda melatihnya berjalan sebelum mereka dapat berdiri dengan benar secara alami.

Membiarkan mereka untuk melakukan hal ini sendiri tidak hanya baik secara fisiologis (membantu membangun struktur otot dan tulang yang kuat) tetapi juga memungkinkan anak anda untuk mempercayai tubuh mereka dari usia yang sangat muda.

9. Bayi tidak membutuhkan banyak hal

Mereka hanya perlu popok, beberapa pakaian tidur, beberapa selimut dan kehadiran anda. Bayi yang baru lahir tidak memerlukan gadget mewah. Jadi pikirkan dahulu sebelum anda membeli mainan mewah. Semua yang mereka butuhkan hanyalah cinta dan kehadiran anda.

Kebanyakan orangtua baru pertama kali cenderung berlebihan, mereka membeli semua gadget terbaru untuk membuat hidup lebih mewah padahal anda dapat menyimpan uang lebih untuk masa depan mereka sebagai gantinya.

10. Rencanakan faktor keuangan anda

Memiliki bayi merupakan proposisi yang mahal. Orang tua dari generasi sebelumnya menyisihkan uang untuk biaya kuliah dan mungkin baiya pernikahan, tetapi banyak orang tua saat ini yang harus memikirkan nasib anak mereka. Seiring berkembangnya zaman, biaya perawatan anak adalah salah satu bagian termahal dari anggaran keluarga. Hal ini dapat dipahami karena biaya perawatan anda sering dikatakan setara atau lebih tinggi dari biaya kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *